Pages

Ciri-Ciri Burung Hantu

Sumber foto: dbagus.com

Mustahil deh kalau anda belum pernah melihat burung hantu. Meskipun belum pernah melihat secara langsung, tapi sudah pernah lihat di TV kan? Iya, sudah sering tayang di TV, apalagi pada jaman acara The Master. Salah satu finalisnya kan selalu membawa burung hantu. Limbad? iya, Master Limbad. Keponakan saya aja tahu Limbad masa anda tidak? Eh, maksud saya tahu burung hantu.

Baik, berikut ini ciri-ciri burung hantu:
Sebenarnya semua jenis burung hantu mempunyai ciri khas yang hampir sama. Burung ini termasuk binatang nokturnal (aktif di malam hari meskipun tidak membawa senter), bisa terbang tanpa suara. Mata burung hantu menghadap ke depan seperti mata manusia dengan bola mata besar yang selalu melotot, serta kepalanya bisa berputar hingga 180 derajat, bahkan ada yang hingga 230 derajat. Rata-rata burung hantu memiliki bulu lurik berwarna kecoklatan atau abu-abu dengan bercak hitam dan putih. Ekornya pendek, tetapi sayapnya justru sangat lebar. Rentang sayap burung hantu mampu mencapai tiga kali panjang tubuhnya. Burung hantu merupakan binatang karnivora dan pemburu yang handal. Paruh yang tajam dan kuat, kaki dan kuku tajam yang cekatan mencengkeram, kemampuannya berdiam mengintai ditunjang dengan kepala yang mampu berbutar 230 derajat, Matanya yang meghadap ke depan mampu mengukur jarak dengan tepat, ditambah dengan kemampuannya terbang dengan tanpa mengeluarkan suara. Bahkan beberapa spesies burung hantu selain mempunyai pendengaran yang baik juga mempunyai bulu-bulu di wajah yang ikut mengarahkan suara sehingga mampu mendeteksi keberadaan mangsa hanya dengan menggunakan suara. Kekomplitan indera dan kemampuan Si Raja mitos ini membuat berbagai binatang burunannya seperti serangga, katak, tikus dan binatang kecil lainnya sering tidak berkutik.

Kenapa disebut Raja Mitos? jawabanya bisa langsung anda baca di postingan sebelumnya yang saya beri judul "Burung Raja Mitos" atau klik disini

Semoga bermanfaat.